Kamis, 08 Desember 2011

Sahabat

Hello semua :D
kali ini gue akan membahas soal sahabat. menurut kalian, apa sih arti sahabat itu?

kalo menurut gue sih, sahabat itu temen yang paling deket, paling ngerti kondisi kita dan gak memaksakan kehendak dirinya sendiri. tapi, namanya juga manusia. pasti ada kalanya sahabat kamu bikin kesel, kan?
nah kenapa, hayo? apakah sahabat kamu udah cukup baik, tapi malah kamu yang berlaku seenaknya?

sobat, dalam hubungan persahabatan itu harus ada timbal balik dan toleransi. kalo dia udah berusaha baik dan ngerti kondisi kamu, kamu juga harus ngertiin dia kan? dan toleransi juga penting. kita misalkan aja ya, pas kamu lagi bete abis diputusin pacar, kamu nelpon sahabatmu itu, mau datang ke rumahnya. niatnya sih pengen minta pencerahan dan kata- kata supaya kamu gak bete lagi. eh gataunya, sahabatmu itu sedang pergi keluar kota karena ada urusan dengan keluarganya. kamu yang lagi bete otomatis jadi sensi ya kan? tapi coba ngertiin dong, kalo kamu yang ada di posisi dia. toleransi saat kondisi seperti ini memang sulit, tapi kamu harus mengerti bahwa ada satu pihak yang harus mengalah.

dan jangan kamu bales itu, ya! kalo sekarang saatnya sahabatmu yang lagi galau, broken home misalnya, kamu teringat kalo dulu dia pernah biarin kamu bete, eh kamu bilang sama dia 'aku lagi ada urusan nih, maaf ya' padahal kamu lagi ada waktu luang. itu gak baik kan? siapa tau pas waktu itu emang sahabatmu gak bisa nemenin kamu, padahal sebenarnya dia mau nemenin kamu.

jadi intinya, toleransi itu penting

terus kalo kamu berantem sama sahabat kamu gimana?
pasti rasanya canggung ya? marahan sama sahabat itu emang ga enak. apalagi karena kalian emang udah deket banget, udah tau sifat dan kekurangan masing- masing. masa harus berantem sih?

kalo berantem, coba kamu renungi deh. apa sih yang bikin kamu kesel sama dia? bukannya kamu udah tau gimana kebiasaan dia? ayo, disini kita butuh beberapa toleransi lagi.

kalo kamu udah maklum sama sahabatmu, saatnya minta maaf. walaupun bukan kamu yang memulai atau menimbulkan masalah sehingga kalian berantem, bukankah lebih baik jika kamu yang mulai duluan? ayo saling memaafkan, kan sahabat!

nah sehabis itu, jangan canggung ya, sama sahabatmu. kecanggungan itu bisa membuat hubunganmu dengannya jadi renggang, lho. bersikap sewajarnya saja, dan jangan mengungkit- ungkit masalah yang sudah lewat ya.
gimana sih supaya gak canggung setelah berantem sama sahabat?
gue punya beberapa saran nih
- mulai coba percaya sama sahabatmu lagi, kalo gak percaya, gimana bisa deket hayo?
- tersenyum dan ngobrolin hal- hal yang biasa kamu bicarain sama dia. itu bisa membangun kembali rasa nyaman yang udah dirasakan, lho.
- ngobrol dari hati ke hati. agar kamu bisa lebih tau sahabatmu dan bisa lebih merasa cocok sama dia.



nah sekian posting gue kali ini, semoga bermanfaat buat kalian ya, salam persahabatan :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar